rss
email
twitter
facebook

.:: SELAMAT DATANG ::.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya yang sederhana ini...

Tolong tulis komentar juga ya tentang artikelnya, dan untuk kemajuan blog ini...

Dan terima kasih yang sudah bersedia menjadi pengikut di blog ini...

__________________________________________________________________________________________________

Friday, December 25, 2009

Tips Sebelum membeli PDA

Bagi kamu penggemar PDA, dan sebelum menentukan PDA mana yg mau kamu beli, perhatikan hal-hal berikut:

1. Platform
Ada beberapa platform atau sistem operasi yg digunakan di perangkat PDA, masing2 adalah Windows Mobile, PalmOS, Linux dan Symbian, sekarang Sistem Operasi Linux seperti nyaris gk terdengar, karena kalah pamor dibanding Windows Mobile dan Symbian, memang sekarang Windows Mobile yg paling disukai...

2. Dukungan aplikasi
PDA berbasis Windows dan Symbian memiliki lebih banyak dukungan aplikasi dibanding OS lainnya, dan biasanya produk-produk ini juga telah dibundling dgn aplikasi sinkronisasi atau office suite. Fitur lain yg juga harus diperhitungkan adalah faktor Java Environtment, dengan adanya fitur ini. PDA kamu bisa diinstal aplikasi berbasis Java.

3. CPU
Sama kayak kompie, PDA juga punya prosesor yg bertugas memproses data yg masuk dan mengeksekusinya, sekarng setidaknya ada 3 nama CPU yg suka dipake oleh PDA yg beredar di Indonesia, yakni Strong ARM, Xscale dan Samsung.. Kayaknya Android juga ada walaupun belum bnyak, PDA yg memakai Android yg gw tau baru Motorola Milestone, SE Xperia X10 dan Google Android. Kembali ke topik, kecepatan prosesor biasanya dicantumkan dalam satuan MegaHertz (MHz), secara teori, makin tinggi kecepatan prosesor, maka makin cepat juga kinerjanya, tapi ingat, makin cepat prosesornya, makin tinggi juga harganya.

4. RAM (Random-Accesa Memory)
RAM adalah memori di dalam ponsel yg digunakan sebagai tempat 'loading' aplikasi atau program, sekaligus mengeksekusinya. RAM ibarat pipa ledeng tempat mengalirkan air dari bak utama. Makin besar RAM, makin cepat juga air mengalir.

5. Memori
Memori yg dimaksud disini adalah tempat penyimpanan data, mirip harddisk atau disket pada kompie, bagi kamu pecinta musik atau gemar nginstal aplikasi, harus menghitungkan besaran memori yg akan digunakan, termasuk menyisihkan sebagian dana kamu untuk membeli memori eksternal. Ada dua jenis memori, yakni memori internal dan eksternal, yg dimaksud memori internal adalah memori yg ada didalam ponsel, dan eksternal adalah slot memori.

6. Layar
Berapa besar layar yg kamu butuhkan? 3 inci, 3,5 inci, atau yg terbesar saat ini 4 inci. Layar lega sangat cocok buat kamu yg mementingkan fitur multimedia dan office seperi memutar film, video, word, spreadsheet, atau sejenisnya. Jika kamu hanya membutuhkan fungsi organizer, maka pilihlah layar yg berukuran sedang, layar kecil kurang direkomendasikan karena kurang mendukung fungsi dari PDA itu sendiri.

7. Input
Kmu mau PDA yg berlayar sentuh, ber-keyboard QWERTY, kamu bisa menggunakan layar sentuh, keyboard QWERTY, dan joystick navigator seperti yg dimiliki Nokia Communicator serta flip keyboard.

8. Baterai
PDA memerlukan sumber daya yg cukup besar, ada PDA yg harus selalu dicharge tiap hari, ada juga yg cuma bisa bertahan 2 hari, wah tagihan listrik bisa naik nih...
Kembali ketopik...
Kapasitas baterai dinyatakan dalam mAh, misal 800mAh, 1200mAh dan sebagainya. Untuk baterai sendiri, memang sulit dicari, tapi untuk merk-merk ternama, kamu bisa langsung membelinya di Service Center.

9. Konektivitas
Dengan koneksi yg memadai, data yg kita buat di PDA, misalnya dokumen, excel, atau gambar hasil kamera ponsel dapat dipindahkan atau diedit melalui kompie atau perangkat PDA lainnya, perangkat paling konvensional adalah kabel data diikuti bluetooth, dan yg paling mutakhir adalah Wi-Fi, jika anda menggunakan PDA hanya untuk sebagai sebuah organizer, maka Wi-Fi tak perlu kamu masukkan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli PDA, namun jika kamu sering melakukan perjalanan jauh dan juga bergantung dengan layanan internet, maka fitur Wi-Fi perlu anda perhitungkan dalam membeli PDA.

10. Fitur penunjang
Kamera, radio, GPS merupakan faktor penunjang yg sifatnya gk wajib dimiliki, jika kamu punya dana lebih, pasti bisa membeli PDA dengan semua fitur kelengkapan tersebut, tapi kalo dana kamu terbatas, fitur-fitur ini lebih baik tidak dimasukkan sebagai faktor penunjang.

0 komentar:

Post a Comment